Stock ROM

Kenapa Anda pilih | Stock ROM Official ?

Stock ROM adalah ROM default bawaan pabrikan handphone anda. Tentu ada beberapa kelebihan yang ditawarkan, salah satunya stabilitas. Stock ROM adalah ROM yang sangat hati-hati dalam rilisnya yang melewati berbagai percobaan dan lab oleh pembuatnya sebelum benar-benar di rilis ke publik.

Bootloop

- Android mati tiba-tiba (Bootloop).
-atau salah firmware saat flash

Gagal Flash

- Gagal flash karena menggunakan custom ROM atau menggunakan ROM yang tidak tepat.

No Internet

- Tidak perlu koneksi internet untuk upgrade. - Tidak perlu repot2 download firmware yg ukuranya sampai bergiga-giga.

Proses cepat

- Proses cepat saat flashing (5 s/d 15menit).

Flashing Smartphone dengan 3 Langkah mudah

Kenapa | Stock ROM Official ?

B anyak pengguna mungkin bingung cara mengatasi android yang mati total secara tepat karena terjebak untuk mencari firmware atau stock ROM official untuk mengatasi solusi tersebut.

P

ada prinsipnya perbaikan android mati baik bootloop atau bricked (mati total) karena kerusakan software (atau salah flashing firmware/rom) dan memerlukan proses flashing/ install ulang, secara prinsip sama cara mengatasinya. Kebanyakan solusi kerusakan software ditentukan berdasarkan spesifikasi hardware, misalnya type CPU Allwinner, Marvel, MTK, Qualcomm msm, atau lainnya. Lihat juga spesifikasi resolusi dan type LCD (IPS, Amoled, TFT Capacitive dll), Kapasitas Internal ROM (4GB, 8GB dll) serta kapasitas memory Ram nya. Salah firmware/ROM bisa fatal akibatnya. Jika kita punya Stock ROM Official dapat menghemat waktu, tenaga, dan biaya.!

Stock ROM - eMMC - Penyebab Kerusakan.

1Istilah Stock ROM
Istilah Stock ROM Android secara singkat adalah versi Android yang disediakan secara resmi oleh vendor hp Android yang kamu pakai alias firmware resmi dari pabrik. Jadi bila ada yang bilang bahwa hp Android kamu harus di flash menggunakan stock rom, itu artinya harus di update atau flash memakai firmware asli dan resmi dari vendor hp tersebut. Stock rom juga bisa kamu dapatkan ketika melakukan proses update via OTA di menu Pembaruan Nirkabel di Android kamu. Menggunakan stock rom,kamu akan terhindar dari masalah bootloop ketika melakukan proses flashing atau update Android ke versi terbaru. Berbeda bila kamu memakai custom rom yang belum tentu cocok dengan type hp Android tsb, maka bisa saja ketika selesai melakukan proses flashing, justru hp menjadi bootloop.
2Apa itu Firmware, ROM dan Kernel pada Android.
Firmware

Firmware merupakan Read-only OS yang bersifat tetap dan pengguna tidak memiliki akses untuk memodifikasi data. Modifikasi dari Firmware sebenarnya masih memungkinkan, hanya saja tidak semudah penggunaan normal. Hardware atau software khusus dibutuhkan untuk melakukan hal tersebut. Jika di Ponsel XPERIA, file firmware adalah file berekstensi *.ftf yang dapat diflash ke ponsel menggunakan software flashtool.

ROM adalah kepanjangan dari Read-Only Memory, dan secara teknis ROM mengacu pada media penyimpanan dari sebuah perangkat yang mana berisi file dari operating system (OS) yang tidak perlu diubah sama sekali selama pengoperasian normal perangkat tersebut.

Oleh karena itu dari pengertian ROM tersebut, instruksi semacam itu tersimpan di "read-only memory", yang berfungsi lebih seperti non-rewriteable CD atau DVD, untuk memastikan tidak ada perubahan yang dilakukan pada instruksi tersebut karena bisa membuat perangkat tidak berfungsi. Konsep ini berbeda dengan hardisk, solid state drive atau flash storage pada PC yang memungkinkan akses penuh atas kegiatan read/write data, bahkan pada area penyimpanan yang berisi file OS.

Kedua istilah "Firmware" dan "ROM" pada dasarnya mengacu pada hal yang sama dan dapat digunakan bergantian bila diterapkan pada perangkat tertentu. Atau bisa juga begini, ROM dan Firmware adalah tempat dimana operating system yang berjalan di handphone kita di install atau di taruh.

ROM sebagai Operating System
Ketika berbicara mengenai smartphone dan tablet, istilah ROM merujuk ke firmware yang disimpan dalam memori internal gadget, memory internal yang dimaksud ini berbeda dengan memory internal di mana umumnya aplikasi atau data tersimpan. Apabila Anda masih bingung beda kapasitas ROM dan Internal memori pada perangkat Anda, Anda bisa mengambil contoh informasi yang terdapat pada aplikasi Titanium Backup. Di tampilan utama aplikasi Android ini Anda bisa melihat informasi kapasitas dari System ROM, Internal, dan SD card perangkat Anda.

Ada juga istilah StockROM dan CustomROM, StockROM merupakan ROM Asli / ROM bawaan dari ponsel itu sendiri. Sedangkan CustomROM merupakan ROM yang sudah dimodifikasi isinya sesuai kebutuhan si pembuat CustomROM tersebut. Seperti dijelaskan di atas, untuk merubah ROM membutuhkan prosedur khusus untuk melakukan modifikasi. Prosedur memodifikasi atau mengganti isi data dari memori flash.

Flashing
Memori ROM yang digunakan pada smartphone atau PC tablet umumnya sama seperti memori flash yang ada pada SD card atau USB flashdisk. Hanya saja ROM lebih dioptimalkan dalam hal kecepatan dan performa untuk menjalankan sebuah OS. Flashing pada dasarnya sama dengan menginstal atau memodifikasi Firmware yang tersimpan di protected flash memory dari sebuah perangkat. Flashing OS merupakan suatu cara memasukkan data sistem operasi atau menginstall sistem operasi & kernelnya di dalam handset android kita. hampir sama caranya dengan ketika kita menginstall ulang komputer. Untuk cara flashing firmware xperia bisa dilihat pada Tutorial Flashing Android.
Kernel

Kernel adalah inti yang ada dari sebuah OS yang memang fungsi utamanya adalah penghubung antara hardware dan software atau sebuah aplikasi yang digunakan. Kernel bertugas menangani Driver, Power Management, dll. oleh karena itu Kernel secara tidak langsung berdampak cukup besar dengan performa Smartphone itu sendiri.

Kernel juga bisa disebut sebagai jantung dari sistem operasi. Semua perintah yang dijalankan oleh OS itu diproses oleh kernel. kernel di android juga bisa dimodifikasi. dan tentunya akan membawa keuntungan bagi sistem operasi atau custom romnya itu sendiri. biasanya, orang mendevelop kernel itu disesuaikan dengan custom rom nya. kita tidak bisa seenaknya mengganti kernel kita dengan kernel lain yang tidak direkomendasikan oleh pembuat custom rom. di saat kita memflashing custom rom pada handset android kita, di dalam custom rom itu sendiri sebenarnya sudah tersedia kernel. dan terkadang kernel tersebut sudah dimodifikasi. namun tidak semua handset menyediakan custom kernel. ada beberapa handset, yang bootloadernya dikunci oleh perusahaan handsetnya. sehingga kita cuman dapat mengganti OSnya, tanpa dapat mengganti kernelnya. Untuk bootloader ponsel XPERIA secara default dalam kondisi terkunci, untuk menginstall CustomROM dan modifikasi kernel diharuskan meng-unlock bootloader terlebih dahulu. Caranya bisa dilihat pada Tutorial unlock bootloader XPERIA.

Perbedaan ROM/Firmware dangan Kernel
Diatas sudah dijelaskan tentang ROM/Firmware dan Kernel. secara singkat bisa saya rangkum seperti ini, ROM/Firmware merupakan internal memory dimana OS android disimpan. Jadi dalam dunia android ROM bisa dikatakan sebagai tempat atau daya tampung dari OS yang saat ini sudah ada banyak versi mulai dari cupcake, donut, eclair, froyo, gingerbread , honeycomb, icecream sandwich, jelly bean dan yang terbaru Kitkat. DI dalamnya terdapat paket program untuk game, sms, tampilan dll. Jadi jika anda ingin merubah interface maka yang diubah adalah ROM nya.

Nah sedangkan Kernel sendiri ketika kita sedang berinteraksi dengan aplikasi sebenarnya kita memerintahkan kernel untuk mengontrol hardware tersebut. Kernel juga bisa dimodifikasi sehingga hasilnya maksimal seperti yang dilakukan banyak developer. Yang dioptimalkan misalnya kerja (CPU, memory, audio, grafik dll). Jika anda ingin menginstal kernel biasanya sudah berada dalam satu paket ROM / OS tersebut. sekarang sudah jelas bukan apa sebenarnya yang menjadi perbedaan antara kernel dan ROM pada dunia android.
3Pengertian isi android scatter

=> 1. preloader - perangkat start-up dan komunikasi dengan SP FT dalam "modus USB". Nama file SP FT: preloader * bin

=> 2.DSP_BL - Mungkin ini adalah prosesor firmware. Partisi yang korupsi mengubah ponsel Anda menjadi sebuah tablet tanpa komunikasi. Berlaku hanya untuk MT65x3, MT65x5, MT65x7. SP FT nama file: DSP_BL

CATATAN: Flashing preloader salah dan DSP_BL mungkin "berakibat fatal" pada perangkat. Cobalah untuk menghindari melakukannya bila ragu

=> 3. NVRAM - pengaturan perangkat keras Komunikasi. IMEI, BT & Wi-Fi MAC-alamat dll Mount point / data / nvram.

=> 4. UBOOT - OS loader dan peralatan utama (layar, prosesor,GPIO) driver inisialisasi SP FT nama file: uboot.bin atau LK

=> 5. BOOT - Kernel dan OS driver (kamera, sensor). Mount point nama file SPFT: boot.img

=> 6. RECOVERY - mini-system (sistem kernel) dengan backup / restore aplikasi sistem, reset pabrik. Pemulihan Modified (CWM / TWRP) akan memperluas fungsionalitas.nama file : recovery.img

=> 7. SECSTATIC / SEC_RO, - tujuan partisi ini tidak jelas diidentifikasi. Ketika menghapus pada Android 2.2.1 dan 2.3.5, tidak ada yang terjadi. Pada Android 2.2.2 (terutama di Fly-ying) Partisi ini berisi layanan Google. Mount point / system / secro nama file : secro.img

=> 8. LOGO - Boot gambar dan pengisian animasi. nama file: logo.bin

=> 9. SYSTEM - partisi (ANDROID di SP FT) yang berhubungan dengan operasi perangkat, yaitu interface, OS yang didukung fitur dll Mounting titik / system. SP nama file FT: system.img

CATATAN: jika Anda telah menghapus sesuatu di / folder sistem tidak akan pulih setelah data reset dan untuk restorasi perlu kembali flash partisi sistem yang berlaku.

=> 10. CACHE - partisi file sementara. Biasanya digunakan oleh aplikasi. Partisi kerugian konten tidak akan mempengaruhi operasi sistem. Salah / konten ketidakcocokan mungkin menggantung perangkat menyebabkan booting lingkaran (boot tak terbatas). SP FT nama file: cache.img

=> 11. userdata - aplikasi pengguna diinstal dll kehilangan konten Partisi tidak akan mempengaruhi operasi sistem. Salah / konten ketidakcocokan mungkin menggantung perangkat menyebabkan booting lingkaran (boot tak terbatas).

Nama file SP FT: userdata.img

4Pengertian eMMC
eMMC adalah kepanjangan dari Embedded Multi-Media Controller, sebuah media penyimpanan yang berkecepatan tinggi dan sebagai modul controller, dimana mendia penyimpanan dan media controller itu terdapat dalam satu chip. Teknologi eMMC belum lama dikembangkan, sebelum menggunakan eMMC diperlukan controller khusus untuk membaca dan menulis data yang dikontrol dengan CPU dan di simpan dalam satu tempat sehingga kinerja CPU terkuras lebih banyak. Seiring perkembangan, kemungkinan penuhnya penyimpanan akan semakin penuh, dan ketika sudah penuh, kinerjanya sendiri akan semakin menurun, maka dari itu eMMC dikembangkan sebagai metode standar untuk building controller, artinya pengontrolan penyimpanan dilakukan oleh eMMC itu sendiri.
5Penyebab IC EMMC terjadi trouble / corrupt pada IC EMMC
Salah Flash ROM . Melakukan Flashing dengan Versi ROM yang tidak tepat, Android malah menjadi Mati Total, ataupun Bootloop. Salah Root . Hal ini juga sering terjadi dan akhirnya menyebabkan Android Mati Total, Brick, ataupun Bootloop. Virus . Ini yang menyebabkan kerusakan sistem terutama yang berada pada IC EMMC Android tersebut. IC EMMC Error . Yang penyebabkan EMMC di Android terjadi trouble adalah karena terlalu sering terjadi memori terlalu penuh, HP terlalu sering dipakai app berat dan akhirnya panas (overheating), dan yang paling mendominasi adalah IC EMMC memiliki daya tahan yang kurang bagus dari bawaan vendor. HP yang bootloop . Setelah di flash dengan ROM yang benar masih saja bootloop dan data tidak hilang setelah melakukan Factory Reset.


POPULAR Stock ROM Official (ANDROID)

Rekomendasi HP Android dengan Stock Rom terbaik saat ini dari berbagai kebutuhan. Mengganti custom ROM bisa menyebabkan garansi Hp Android anda hilang. Resiko yang ditimbulkan ketika melakukan pergantian Stock ROM yang tidak tepat menjadi Hp anda tidak stabil.

Justru itu.! Harus punya Stock ROM Official